Reaktor Alkilasi Terpasang, Progres Kilang Balikpapan Capai 39%

Image title
25 Agustus 2021, 12:30
kilang balikpapan, pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dua orang petugas bekerja di area Refinery Unit V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, (22/7).

PT Pertamina menyampaikan bahwa proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) atau Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur telah masuk dalam tahap pembangunan unit alkilasi. Dengan demikian, capaian keseluruhan proyek ini hingga 12 Agustus 2021 telah mencapai 38,80%.

Reaktor alkilasi (Alkylation Reactor) C-065-03 merupakan salah satu peralatan penting dalam unit alkilasi yang memiliki fungsi utama menghasilkan produk alkylate yang merupakan komponen pencampuran (blending) beroktan tinggi.

Advertisement

Alkylate akan menjadi salah satu input dari proses pencampuran bensin (gasoline blending) untuk menghasilkan bensin berkualitas tinggi. Direktur Pengembangan PT Kilang Pertamina Balikpapan, Djoko Koen Soewito menyampaikan peralatan reaktor alkilasi sukses dipasang pada Sabtu (21/8) siang.

"Dengan terpasangnya rangkaian peralatan ini memberikan kontribusi pada progres proyek sebesar 0,2%. Sehingga, sampai dengan Agustus progres proyek RDMP Balikpapan secara keseluruhan mencapai 38,80%," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (25/8).

Peralatan yang diproduksi PT Sewon Cellontech Co Ltd, Korea, ini memiliki tinggi sekitar 49,65 meter, diameter luar sekitar 10 meter, dan berat sekitar 418,07 ton. Besarnya dimensi dan berat peralatan ini Pertamina menggunakan derek (crane) berkapasitas 1.600 ton.

"Sebagai pengelola proyek RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), PT KPB berkomitmen dapat meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi standar EURO V sehingga lebih ramah lingkungan," ujar Djoko.

Selama pandemi berlangsung, pengerjaan proyek Kilang Balikpapan dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Menurut dia aspek keselamatan selalu menjadi perhatian penuh. Di mana pekerja wajib mengenakan alat pelindung diri sesuai ketentuan serta menerapkan aturan keselamatan lainnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement