Kebakaran Kilang Terus Berulang, DPR Soroti Kredibilitas Pertamina

Image title
15 November 2021, 17:40
pertamina, kilang cilacap, kebakaran
Antara
Kebakaran tangki minyak di area Kilang Cilacap,

Kebakaran tangki minyak di Kilang Cilacap milik Pertamina pada Sabtu (13/11) berpotensi memukul kredibilitas perusahaan energi pelat merah tersebut di mata investor, yang akan mempengaruhi pencarian mitra bisnis.

Hal tersebut diungkapkan oleh anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Gerindra, Kardaya Warnika pada rapat kerja dengan Menteri ESDM, PLN, dan Pertamina di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (15/11).

Advertisement

Dia menyesalkan insiden kebakaran di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Sebab, ini merupakan insiden ketiga yang terjadi dalam rentang waktu satu tahun. Menurut dia, salah satu faktor terpenting pada industri minyak tidak hanya keuntungan, faktor keselamatan kerja juga harus diutamakan.

"Jika kondisi ini masih terus terulang, maka kredibilitas Pertamina di mata investor akan terus menurun. Pertamina akan sulit lagi mencari partner, karena partner akan melihat Pertamina, profesional atau tidak," ujarnya.

Dia pun mendesak agar Pertamina menggandeng lembaga internasional untuk mencari penyebab seringnya insiden terbakarnya pada tangki kilang. Selain itu, dia juga meminta agar ada sanksi yang diberikan kepada pimpinan Pertamina.

"Bu Nicke, tidak ada satu kilang pun yang dibangun dari uang Pertamina. Semua pakai uang negara. Jadi, istilahnya cari yang profesional. Jelas harus ada reward dan punishment. Saya enggak minta dipecat, tapi di-review," katanya.

Senada, Anggota DPR RI Komisi VII, Zulfikar Hamonangan meminta agar Pertamina dapat mengevaluasi kembali beberapa aset yang dioperasikan perusahaan pada fasilitas kilang. Kebanyakan aset yang dimiliki perusahaan sudah relatif cukup tua. "Ibarat kata besi ini sudah milik Madura gak bisa dipakai lagi dan sudah banyak berkarat," katanya.

Jika kondisi ini tak segera diperbaiki, maka selang tiga bulan, tidak menutup kemungkinan kebakaran akan terulang kembali. Sehingga uji coba kelayakan pada aset harus segera dilakukan sesegera mungkin.

Terpisah, Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Ahmad Lutfhi menyatakan, kebakaran di tangki 36 T-102 di area PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap diduga akibat sambaran petir. Hal itu diungkapkan Kapolda dalam konferensi pers di gedung Patra Graha, Cilacap, Senin pagi (15/11).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement