Punya Jangkauan Luas, PLN Gabung dalam Satgas Bencana BUMN

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
11 Februari 2022, 12:41
Menteri BUMN Erick Tohir meresmikan Satgas Siaga Bencana BUMN.
PLN
Menteri BUMN Erick Tohir meresmikan Satgas Siaga Bencana BUMN.

PT PLN (Persero) bergabung dalam Satgas Siaga Bencana BUMN yang dibentuk Kementerian BUMN. Perseroan siap membantu penanggulangan bencana di Indonesia. Dukungan PLN menjadi penting mengingat perusahaan memiliki perangkat kerja sampai ke level kecamatan.

Agung Murdifi selaku Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN yang juga menjabat Sekretaris Utama Satgas Siaga Bencana BUMN menjelaskan, PLN mempunyai perangkat hingga wilayah terdekat dengan masyarakat yang tak jarang paling mengerti topografi wilayah, sehingga menjadi penggerak utama dalam mendata kebutuhan masyarakat di lokasi bencana.

"PLN dalam hal ini siap mendukung rencana Kementerian BUMN untuk membuat Satgas Siaga Bencana BUMN sampai ke level wilayah terkecil. Mengingat, PLN sendiri mempunyai perangkat unit kerja sampai ke wilayah kabupaten bahkan kecamatan," tutur Agung.

Agung juga menyampaikan, PLN tak hanya akan bergerak cepat memulihkan akses kelistrikan yang biasanya terputus akibat bencana. Pihaknya pun bekerja gesit menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak bencana.

Selain itu, Agung mengimbuhkan, PLN saat ini mengelola 28 rumah BUMN di seluruh Indonesia. Infrastruktur ini bisa menjadi pusat utama penanggulangan dan mitigasi bencana ke depan.

Lebih jauh terkait Satgas Siaga Bencana BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa ini berdiri sejak 2021. Satuan tugas bencana merupakan wujud peran aktif perusahaan-perusahaan pelat merah di tengah masyarakat.

"Satgas ini juga merupakan kolaborasi bagi semua BUMN untuk saling bahu membahu melakukan mitigasi dan penanggulangan awal saat bencana terjadi," ujar Erick.

Dengan adanya Satgas tersebut, imbuhnya, distribusi bantuan kepada masyarakat menjadi lebih cepat. Apalagi, dengan adanya kolaborasi maka penumpukan bantuan bisa diminimalisir. BUMN bergerak bersama untuk memetakan kebutuhan saat bencana bahkan saat pemulihan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...