Pertamina Targetkan Proyek Hidrogen Hijau WK Ulubelu Dimulai 2023

Image title
6 Agustus 2022, 14:57
Pertamina, panas bumi, hidrogen hijau
Pertamina Geothermal Energy
Ilustrasi, area wilayah kerja panas bumi.

Badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang minyak dan gas (migas) PT Pertamina, menargetkan meluncurkan proyek percontohan hidrogen hijau di wilayah kerja panas bumi (WKP) Ulubelu, Lampung pada 2023.

Mengutip argusmedia.com, Jumat (5/8), dalam proyek percontohan ini, Pertamina berencana memproduksi hingga 100 kilogram (kg) per hari. Proyek hidrogen hijau ini akan memasok hidrogen ke pabrik polypropylene (PP) berkapasitas 45.000 t/tahun milik Pertamina di Plaju. Selain itu, produksi hidrogen juga ditujukan untuk memenuhi permintaan industri petrokimia lokal.

Wakil Presiden Perencanaan Bisnis dan Portofolio Pertamina Fuadi Nasution mengatakan, saat ini proyek tersebut sedang dalam proses finalisasi izin lingkungan. Sumber daya panas bumi Pertamina ini, memiliki potensi menghasilkan 8.600 kg/hari hidrogen hijau.

Pertamina telah menetapkan rencana untuk mempercepat investasi di sektor energi baru dan terbarukan dalam agenda transisi energi terbarunya. Perusahaan migas ini, bermaksud meningkatkan kapasitas panas bumi menjadi 1.128 megawatt (MW) pada 2026 dari 672 MW pada 2020.

Pertamina berencana menghasilkan hidrogen hijau dari kapasitas energi baru dan terbarukan (EBT), serta hidrogen abu-abu dari kilang yang ada. Rencana ini diyakini akan berdampak positif bagi kinerja perusahaan. Pasalnya, permintaan hidrogen global di masa depan akan datang terutama dari sektor mobilitas, untuk kendaraan dan paket tenaga bahan bakar hidrogen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...