Genjot Produksi, SKK Migas Targetkan Bor 90 Sumur Baru di Sumbagsel

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Desember 2022, 16:34
sumur migas, skk migas, pengeboran, produksi migas, lifting migas
Katadata
Ilustrasi pengeboran migas.

SKK Migas terus berupaya meningkatkan capaian produksi minyak terangkut atau lifting minyak dengan memperbanyak kegiatan pengeboran sumur ekplorasi dan eksploitasi di sejumlah wilayah kerja, satu diantaranya yakni di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, berharap kegiatan pengeboran sumur di Wilayah Sumbagsel dapat meningkat 15% pada 2023. Ambisi ini timbul setelah mendapati hasil positif pada proyeksi pengeboran 77 sumur tahun ini, sehingga rencana pengeboram sumur di wilayah ini akan mencapai 90 sumur pada 2023.

Dwi mengatakan, hitung-hitungan tersebut sudah dibicarakan lewat diskusi dengan pimpinan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi di wilayah migas Sumbagsel.

"Kegiatan Pemboran eksplorasi dan eksploitasi diharapkan akan meningkat 15% dimana pada tahun ini outlooknya mencapai 77 sumur sedangkan pada tahun depan akan mencapai 90 sumur," kata Dwi dalam siaran pers pada Rabu (28/12).

Peningkatan target pengeboran sumur di wilayah migas Sembagsel dinilai penting karena kegiatan KKKS di area tersebut menyumbang 69 ribu barel minyak per hari (BOPD) atau 7% dari produkis nasional dan 1.827 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) untuk gas atau setara 28% produksi nasional.

“Kontribusi KKKS Sumbagsel terhadap produksi Nasional yang cukup signifikan, yaitu sebesar 69 ribu BOPD atau 7% untuk minyak dan kondensat dan sebesar 1.827 MMSCFD atau 28% untuk gas," ujar Dwi.

Dwi juga mendorong optimasi produksi hingga 150 sampai 180 MMSCFD sesuai kemampuan sub surface pada produksi gas di Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang, termasuk produksi sumur temuan Sungai Rotan-1 dan produksi liquefied petroleum gas (LPG).

Seiring dengan peningkatan permintaan gas dari Singapura dan Jawa Barat, Dwi juga meminta adanya meningkatkan produksi Medco Grissik melalui percepatan komitmen kerja pasti (KKP) terutama sumur eksplorasi di Dayung dan Suban Lower Palembang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...