Pertamina Masih Cari Pembeli Gas, Operasi 100% Proyek JTB Mundur Lagi

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Mei 2023, 16:40
pertamina, jambaran tiung biru, lapangan gas
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Perwira PEPC melakukan pemeriksaan fasilitas produksi di area Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung (JTB) di Bojonegoro, Jawa Timur.

Pertamina masih terus mencari pembeli gas sebelum melaksanakan produksi maksimal 100% pada proyek lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JBT) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Proses pencarian calon pembeli gas JBT berimbas pada mundurnya rencana produksi penuh yang ditarget berjalan pada akhir April lalu. Pertamina kini tinggal mencari pembeli potensial yang mau menyerap gas sejumlah 5 mmscdf sebelum perseoran melaksanakan produksi maksimal.

Juru Bicara PT Pertamina EP Cepu, Fitri Erika, mengatakan bahwa operasional produksi gas JBT saat ini masih dalam proses uji coba fasilitas produksi dengan penyesuaian di sisi teknis.

“Sejauh ini produksi lapangan JTB masih berfluktuasi menuju 100% full capacity dan diharapkan segera dapat memenuhi target produksi maksimal sesuai kapasitas 192 mmscfd,” kata Erika lewat pesan singkat pada Senin (22/5).

Pertamina terus berupaya untuk meningkatkan tingkat produksi gas JTB secara bertahap semenjak proyek tersebut melakukan pengaliran gas perdana atau Gas On Stream (GoS) pada 20 September tahun lalu.

Produksi akan terus ditingkatkan seiring langkah Pertamina yang telah mengunci sejumlah pembeli potensial, yakni PLN dan PGN dengan nilai kontrak pembelian 172 mmscfd. Selain itu, Pertamina juga telah sepakat untuk menyuplai gas sebanyak 15 mmscfd kepada Petrokimia Gresik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...