Urai Sengketa Panjang, Pertamina Gandeng Petronas Garap Blok Ambalat

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Juli 2023, 15:47
pertamina, petronas, blok ambalat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kapal pengangkut pekerja melintasi Anjungan Central Plant Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) di lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

Pertamina akan menjalin kerja sama dengan perusahaan migas asal Malaysia, Petronas untuk mengembangkan potensi sumberdaya migas domestik melalui kolaborasi desk study atau telaah dokumen Blok Ambalat.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa pelaksanaan desk study Blok Ambalat akan segera berjalan pada tahun ini. "Dalam beberapa bulan mungkin sudah bisa mulai," kata Tutuka di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (3/7).

Tutuka menjelaskan, desk study merupakan mekanisme analisis menggunakan data yang dimiliki oleh Pertamina dan Petronas tanpa memakai tambahan data survei seismik. Menurut Tutuka, satu diantara objek yang ingin dikaji adalah kondisi struktur bawah bumi Blok Ambalat.

Blok migas yang terletak di perairan Sulawesi, tepat di perbatasan antara Kalimantan Timur dengan Sabah, Malaysia belakangan menjadi objek sengketa panjang antara Indonesia dan Malaysia. Blok laut seluas 15.235 km persegi itu mengandung potensi minyak dan gas yang ditaksir mampu bertahan hingga tiga puluh tahun ke depan.

Kementerian ESDM mencatat di area Ambalat terdapat blok East Ambalat yang dioperasikan oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) East Ambalat. Namun, batas blok East Ambalat yang ditentukan oleh Pemerintah Indonesia tumpang tindih dengan batas blok Shell Malaysia.

Sehingga, meskipun telah dimiliki oleh PHE East Ambalat sejak tahun 2016, kondisi politik menyebabkan PHE East Ambalat tidak bisa melakukan kegiatan eksplorasi apapun di area ini.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...