Harga BBM Campuran Pertamax - Bioetanol Diperkirakan Rp 13.500/Liter

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Juli 2023, 18:57
harga pertamax, bioetanol,
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (3/1/2023).

Pemerintah berencana menetapkan harga jual BBM Pertamax Green Rp 13.500 per liter. BBM anyar milik Pertamina itu terbuat dari campuran Pertamax dengan bahan bakar nabati bioetanol 5% (E5). Pertamax Green mengandung kadar oktan 95, setara dengan Pertamax Plus yang penjualannya dihentikan pada 2016 silam.

Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan bahwa pemerintah akan meluncurkan Pertamax Green pada minggu ketiga bulan Juli 2023 di 10 SPBU di Surabaya, Jawa Timur dan akan menyebar secara bertahap ke SPBU di DKI Jakarta.

"Harganya mungkin sekitar Rp 13.500. Uji coba penjualan sudah dilakukan di Jawa Timur," kata Pahala lewat pesan singkat pada Selasa (4/7).

Pemilihan Kota Pahlawan dilatarbelakangi oleh lokasinya yang dekat dengan produsen bahan baku bioetanol di Kabupaten Mojokerto dan Malang. Sifat bioetanol yang cepat busuk karena terbuat dari material tumbuh-tumbuhan mewajibkan penyalurannya harus dekat dan terjangkau dari lokasi pabrik.

Suplai bioetanol domestik untuk bahan bakar kendaraan atau fuel grade saat ini masih berada di berkapasitas 40.000 kiloliter (Kl) dari tiga produsen.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...