Menghijaukan Area Bekas Tambang, AMMAN Terapkan Etnobotani

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
7 Juli 2023, 14:49
AMMAN bertahap mereklamasi lahan hekas tambang seluas 768 hektare dari total 2.800 hektare.
AMMAN
AMMAN bertahap mereklamasi lahan seluas 768 hektare dari total 2.800 hektare yang akan direklamasi.

Keseimbangan di antara operasional tambang dan keberlangsungan alam menjadi fokus PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN) dalam mengoperasikan tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wujud komitmen keseimbangan tersebut salah satunya adalah kegiatan reklamasi dengan memulihkan dan memperbaiki kualitas lingkungan, serta ekosistem di wilayah lingkar tambang AMMAN. Hal ini bertujuan agar wilayah lingkar tambang bisa berfungsi kembali secara optimal.

Di lokasi tambang Batu Hijau, pembukaan lahan untuk kegiatan operasional pertambangan mencapai 3.364,76 hektare. Dan proses reklamasi lahan yang dilakukan AMMAN sudah sebesar 768 hektar.

Perusahaan melakukan program reklamasi secara paralel. Yakni, melalui pemulihan kualitas ekosistem hutan bersamaan dengan operasional penambangan. Dengan begitu, tidak perlu menunggu operasional tambang usai.

VP Corporate Communication & Investor Relation AMMAN Kartika Octaviana menjelaskan, dari 12.500 hektare lahan yang masuk wilayah operasi kami, terdapat 3.364,76 hektar lahan yang dimanfaatkan untuk operasional tambang.

Kemudian, AMMAN secara bertahap melakukan proses reklamasi yang sampai sekarang  sudah selesai dilakukan untuk lahan seluas 768 hektare. Totalnya ada 2.800 hektare yang akan direklamasi.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan reklamasi berkelanjutan yang telah kami laksanakan sejak pertama kali beroperasi,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (7/7).

Secara teknis, jenis vegetasi yang ditanam di lahan reklamasi adalah spesies site specific, sesuai dengan tipe hutan di Batu Hijau. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan keadaan ekosistem hutan kembali sesuai dengan rona awal melalui kegiatan reklamasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...