Pertamina Hulu Rokan Temukan Sumur Baru, Produksi Minyak Bertambah

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Juli 2023, 18:41
Pertamina Hulu Energi
Pertamina
Pekerja PT. Pertamina Hulu Rokan tengah melakukan peninjauan di salah satu sumur pengeboran di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menemukan kandungan minyak Sumatera Light Crude di wilayah kerja (WK) Rokan, Riau. Pengeboran sumur baru itu menghasilkan produksi tambahan minyak sebanyak 1.231 barel per hari (bpod), lebih tinggi dibanding perkiraan awal 102 bopd.

Kepala Divisi Bisnis Hulu Migas PHR, Edwil Suzandi, mengatakan temuan sumur baru itu bernama Sikladi 34 yang berada di Lapangan Sikladi, Riau.

Dari tes sumur yang dilakukan pada Ahad (9/7), kemarin, PHR mendapat hasil produksi sumur yang positif. Minyak Sumatera Light Crude merupakan jenis minyak khas WK Rokan yang cocok diolah di kilang-kilang domestik milik Pertamina.

"Produksi awal sumur baru ini mencapai 1.231 bopd dengan kedalaman pemboran mencapai 1,371 meter. Aktual produksi sumur ini lebih tinggi dari perkiraan awal," kata Edwil dalam siaran pers pada Senin (10/7).

Dia menambahkan, temuan positif itu makin memacu PHR untuk terus mencari peluang sumur baru dan mengoptimalkan produksi yang ada. "PHR terus berupaya untuk mendapatkan sumur-sumur baru dengan produksi yang tinggi untuk mendukung pencapaian target produksi nasional," ujar Edwil.

Selain keberhasilan sumur Sikladi, PHR juga melaporkan peningkatan produksi minyak dari sumur workover atau sumur perbaikan di Lapangan Pinang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...