Mundur, Proyek Gas Jambaran Tiung BIru Beroperasi Penuh Akhir Agustus

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Agustus 2023, 16:39
jambaran tiung biru, proyek gas, migas,
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Suasana fasilitas produksi di area Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung (JTB) di Bojonegoro, Jawa Timur.

SKK Migas mengestimasikan termin operasi penuh proyek lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB) paling lambat pada pekan ke-empat Agustus tahun ini. Kapasitas produksi 100% proyek JTB ditaksir sanggup menghasilkan gas hingga 192,75 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi Suryodipuro, mengatakan bahwa hingga 6 Agustus, penjualan gas Jambaran Tiung Biru adalah 20,459 MMSCF dan 304,000 barel kondensat sejak kegiatan pengaliran gas perdana atau Gas On Stream (GoS) pada September tahun lalu.

"Full capacity testing direncanakan pada pekan ke-empat Agustus 2023, karena ada beberapa prosedur dan koordinasi yang harus dilaksanakan," kata Hudi kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Rabu (9/8).

Adapun Pertamina masih terus mencari pembeli gas sebelum melaksanakan produksi maksimal 100% pada proyek lapangan gas Jambaran Tiung Biru. Proyek gas yang bakal dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu itu punya rencana produksi selama 16 tahun, dengan total masa produksi hingga 30 tahun.

Proses pencarian calon pembeli gas JBT berimbas pada mundurnya rencana produksi penuh yang ditarget berjalan pada akhir April lalu. Pertamina kini tinggal mencari pembeli potensial yang mau menyerap gas sejumlah 5 MMSCFD sebelum Pertamina melaksanakan produksi maksimal.

Juru Bicara Pertamina EP Cepu, Fitri Erika, mengatakan bahwa operasional produksi gas JBT saat ini masih dalam proses uji coba fasilitas produksi dengan penyesuaian di sisi teknis.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...