Sandiaga Uno Jadi Menteri ESDM Ad Interim, Arifin Tasrif di Mana?

Andi M. Arief
Oleh Andi M. Arief - Muhamad Fajar Riyandanu
14 Agustus 2023, 20:54
ESDM
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno sebagai ad interim Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif saat rapat terbatas soal polusi udara di DKI Jakarta.

Pergantian sementara itu dilakukan karena Menteri ESDM Arifin Tasrif sedang pergi dinas luar negeri ke Amerika Serikat selama beberapa hari.

Dengan kata lain, Sandiaga mengerjakan tugas-tugas Menteri ESDM selama Arifin berada di luar negeri. Sandiaga tidak menjelaskan lebih jauh sampai kapan dirinya menjabat sebagai ad interim Menteri ESDM.

"Tadi saya diundang rapat terbatas terkait polusi udara di DKI Jakarta ini sebagai ad interim Menteri ESDM," kata Sandiaga di Istana Kepresidenan, Senin (14/8).

Pada rapat tersebut, Jokowi meminta Sandiaga untuk membantu menurunkan polusi udara di Ibu Kota. Pasalnya, kata Sandiaga, Jokowi mengaku telah mengalami gangguan kesehatan akibat polusi udara di Jakarta.

"Katanya hampir empat minggu beliau belum pernah merasakan seperti ini. Dokter menyampaikan ada kontribusi udara yang tidak sehat dan kualitasnya buruk," ujar Sandiaga.

Dari sisi pariwisata, Sandiaga mengatakan udara yang tidak sehat dapat mengurangi kunjungan wisatawan ke Jakarta. Selain itu, acara pariwisata berbasis olah raga juga dapat memiliki reputasi buruk.

Sandiaga mencatat Jakarta merupakan gerbang wisatawan asing ketiga setelah Bali dan Kepulauan Riau. Sementara itu, Jakarta menjadi kota dengan jumlah wisatawan domestik nomor dua di dalam negeri.

"Sudah ada beberapa kegiatan yang mendapatkan catata, seperti lomba lari maraton internasional di sekitar Jabodetabek. Ini ada catatan mengenai kualitas udara yang tidak sehat," kata Sandiaga.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan penunjukan ed interim menteri merupakan hal yang biasa dilakukan ketika menteri terkait berada di situasi tertentu.

"Ini biasa, semua menteri kalau dinas ke luar negeri ada menteri ad interim. Menteri ESDM sedang ke AS untuk menghadiri pertemuan," kata Dadan di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (14/8).

Dadan menjelaskan Arifin menghadiri pertemuan Menteri Energi di forum kerja sama ekonomi Asia-Pasifik atau Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). AS merupakan tuan rumah pagelaran APEC 2023.

"Insyaallah tanggal 18 Agustus sudah pulang," ujar kata Dadan.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...