Bos Pertamina: Akuisisi Blok Masela Bagian dari Transisi Energi RI

Nadya Zahira
31 Agustus 2023, 11:16
blok masela, pertamina, transisi energi
Katadata

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan bahwa keputusan untuk mengakuisisi Blok Masela bersama Petronas, merupakan bagian dari strategi transisi energi guna mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060.

“Kami beradaptasi, sehingga kami mencoba menjalankan transisi energi. Kami meyakini gas adalah bridging fuel. Demikian juga bioenergi dari fossil fuel menuju renewable energy,” ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (30/8).

Oleh sebab itu, dia menuturkan pihaknya akan memperkuat investasi dan portofolio di bidang bioenergi dan gas. Nicke menyampaikan, Pertamina kedepannya juga akan terus melihat potensi-potensi besar untuk bisa berinvestasi seperti Blok Masela.

“Kami melihat potensi mana yang sudah ada bloknya dan bisa cepat masuk. Masela ini menjadi salah satu pilihan," kata dia.

Dalam investasi Blok Masela tersebut, Pertamina menggandeng badan usaha milik negara Malaysia, Petronas. Keduanya telah merogoh kocek US$ 650 juta atau sekira Rp 9,75 triliun untuk mengakuisisi 35% saham hak partisipasi milik Shell di proyek Abadi LNG Blok Masela.

Dari kolaborasi tersebut, Pertamina memperoleh hak partisipasi sebesar 20% dengan biaya akuisisi sebesar US$ 371,8 juta atau sekira Rp 5,58 triliun. Sementara Petronas US$ 278,2 juta atau Rp 4,17 triliun untuk porsi 15%.

Di sisi lain, Nicke optimis investasi Pertamina di Blok Masela bisa menjaga ketahanan pasokan gas nasional dan transisi energi. Tak hanya itu, dia menyebut bahwa Blok Masela menjadi project upstream pertama yang menerapkan carbon capture utilization and storage (CCUS). “Teknologi CCUS itu menghasilkan blue energy,“ ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...