Pertamina Alokasikan Belanja Modal 15% Dukung Net Zero Emission

 Zahwa Madjid
6 September 2023, 21:59
Pertamina
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengklaim telah mengalokasikan belanja modal sebesar 15% untuk mengembangkan bisnis berorientasi nol emisi karbon atau net zero emission.

“Kami juga mengalokasikan belanja modal sebesar 15% untuk mengembangkan bisnis energi baru dan terbarukan. Ini untuk mendukung target pemerintah mencapai net zero emission,” kata Nicke dalam CEO Forum of ASEAN Summit, Rabu (6/9).

Dia memaparkan belanja modal ini dialokasikan untuk pengembangan energi panas bumi atau geothermal, Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau PLTA, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS.

"Agenda ini harus dijalankan secara pararel untuk mencapai net zero emision pada 2060," ujar Nicke.

Nicke juga berencana mengalihkan bisnis utamanya di bidang energi konvensional menjadi bisnis energi bersih secara perlahan-lahan. Namun untuk saat ini, perusahaan akan tetap fokus menjalankan bisnis minyak dan gas atau migas.

Menurut dia, Pertamina berhasil mengurangi 31% emisi karbon dari operasional internal sampai tahun lalu. Dengan pencapaian tersebut, kini Pertamina menduduki peringkat ke-2 terbaik dalam kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan atau ESG secara global pada subsektor migas.

“Ini baru permulaan kami masih melanjutkan inisiatif untuk itu kami juga melakukan mitigasi bisnis jangka panjang untuk mengoptimalkan aset yang ada sebagai mesin pertumbuhan kami,” kata Nicke.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lavinda

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...