Indonesia Akan Ekspor 4 Gw Listrik ke Singapura, Minta Syarat TKDN 60%

Muhamad Fajar Riyandanu
10 September 2023, 14:41
Indonesia Akan Ekspor 4 Gw Listrik ke Singapura, Minta Syarat TKDN 60%
123rf
Ilustrasi Singapura. Indonesia akan mengeskpor listrik 4 GW mulai 2027 hingga 2035 mendatang.

Pemerintah Indonesia menatapkan syarat kepada Singapura untuk mengakomodir penggunaan jasa dan barang dalam negeri atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 60% untuk ekspor 4 gigawatt (GW) listrik pada 2027 hingga 2035 mendatang.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rachmat Kaimuddin, mengatakan bahwa sumber listrik yang dijual ke Singapura berasal dari pembangkit listrik tenaga surya alias PLTS.

Selain menyepakati TKDN tinggi, kesepatan jual-beli listrik lintas negara itu juga mewajibkan pembangunan industri maupun pabrik panel surya dan baterai listrik di Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Rachmat belum merinci lokasi pembangunan pabrik panel surya tersebut.

"Jadi niat pemerintah, pabrik ini terbangun, baik di Batam, Jawa, atau di manapun, itulah yang akan digunakan dan secara umum terbentuk industri di indonesia," kata Rachmat, selepas agenda Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Park Hyatt Jakarta pada Jumat (8/9) lalu.

Pemerintah Indonesia dan Singapura menandatangani kerja sama ekspor listrik ke Singapura. Rencana ini menjadi bagian dari nota kesepahaman yang diteken Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Menteri Ketenakerjaan sekaligus Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Tan See Leng di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (8/9).

Singapura akan melakukan uji coba untuk menyelesaikan masalah teknis dan peraturan mengenai perdagangan listrik lintas negara. Singapura berencana mengimpor listrik 100 megawatt (MW) non-intermitent dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Bulan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...