Pertamina: Konsumsi Avtur di Bali Jadi Terbesar Kedua di Indonesia

Lavinda
Oleh Lavinda
15 September 2023, 17:18
Pertamina
Dok Pertamina
Ilustrasi

Pertamina, melalui anak usahanya, Patra Niaga, mencatat konsumsi avtur di Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai, Bali, merupakan yang terbesar kedua di Indonesia.

Hal ini disebabkan tingginya lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Jumlah konsumsi avtur terbesar di Indonesia itu di DPPU Ngurah Rai, terbesar kedua setelah Soekarno Hatta dan ketiga di Surabaya," kata Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Ahad Rahedi, seperti dikutip Antara pada Jumat (15/9).

Berdasarkan data Pertamina Patra Niaga, realisasi konsumsi harian avtur di Bandara Ngurah Rai rata-rata mencapai 1.838 kiloliter per Agustus 2023.

Selama semester pertama 2023, realisasi avtur di Bali mencapai 231.754 kiloliter. Jumlah itu meningkat dibanding konsumsi periode sama pada 2022 yang hanya 74.240 kiloliter. Kenaikan terjadi karena pintu mobilitas manusia lintas negara dan pariwisata kembali dibuka seiring pandemi Covid-19 yang mereda.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I, jumlah pergerakan pesawat pada Agustus 2023 mencapai 12.150 kali penerbangan atau naik 43% dibanding periode sama 2022 mencapai 8.513 kali penerbangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...