SKK Migas: ENI Masih Pelajari Besaran Cadangan Gas WK North Ganal

Mela Syaharani
17 Oktober 2023, 17:52
cadangan gas, north ganal, wk migas, blok migas, skk migas
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi fasilitas pengeboran migas lepas pantai.

SKK Migas menyampaikan bahwa raksasa migas asal Italia, ENI, masih mempelajari besaran cadangan gas yang ditemukan di wilayah kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur.

Pada awal Oktober 2023 ENI melaporkan temuan cadangan gas jumbo di WK North Ganal, Kalimantan Timur yang diestimasi memiliki 5 triliun kaki kubik (trillion cubic feet/TCF) gas.

“Sekarang kan estimasi nya 5 TCF, nanti sekitar-sekitarnya masih ada lagi Insya Allah,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto saat ditemui di Kementerian ESDM pada Selasa (17/10).

Sebagai informasi, berdasarkan perkiraan awal discovered resources sebesar kurang lebih 609 MMBOE (recoverable) ini menjadikan temuan di sumur Geng North – 1 menjadi salah satu dari tiga besar temuan eksplorasi dunia pada 2023.

ENI mencatat temuan cadangan gas itu berasal dari kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Geng North-1 pada kedalaman 5.025 meter dan kedalaman air hingga 1.947 meter, tempat penemuan cadangan gas setebal sekira 50 meter di reservoir batu pasir Miosen bersifat petrofisika.

Lebih lanjut, Eni juga melaporkan hasil uji produksi sumur yang memungkinkan perkirakan kapasitas sumur hingga 80-100 MMSCFD gas dan sekitar 5-6 kbbld kondensat. Temuan itu berpotensi menjadi pusat produksi gas baru di bagian utara cekungan Kutai yang bakal terhubung dengan fasilitas LNG Bontang di pesisir Kalimantan Timur.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...