Proyek Cisem Tahap I Rampung, Pembangunan Tahap II akan Dimulai 2024

Mela Syaharani
31 Oktober 2023, 11:26
proyek cisem, pipa gas, esdm
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Ilustrasi proyek pipa gas bumi.

Proyek pembangunan pipa gas Cirebon-Semarang atau proyek Cisem akan memasuki tahap kedua tahun depan. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pembangunan tahap I pada proyek ini telah selesai.

“Saat ini (ruas) Semarang-Batang telah selesai, dan sedang disiapkan proyek pipa gas Batang-Cirebon-Kandanghaur sepanjang 240 kilometer (km),” kata Arifin dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Selasa (31/10).

Pada tahap II ini akan dilakukan pembangunan pipa jalur dari Batang hingga Kandanghaur. Dalam tahap II ini, Kementerian ESDM melihat ada beberapa potensi permintaan gas.

Pertama, kemungkinan terjadi pada industri di Cirebon, Tegal. Pekalongan, Brebes dan Pemalang dengan volume sekitar 5,8-12 MMSCFD. Kedua, pada konsumen komersial seperti hotel dan restoran.

Ketiga, jaringan gas rumah tangga, kilang minyak Balongan dengan volume 24 MMSCFD dan berpotensi meningkat hingga 42 MMSCFD. Potensi demand lainnya juga terjadi pada pembangkit tenaga listrik dengan volume 189-199 MMSCFD.

Pembangunan pipa gas Cisem ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...