Bakal Investasi US$ 15 M, ExxonMobil Bangun Kilang Petrokimia dan CCS

Mela Syaharani
16 November 2023, 15:01
ExxonMobil.
Arief Kamaludin|KATADATA
ExxonMobil.

Raksasa migas dunia, ExxonMobil Corporation, berencana menanam investasi hingga US$ 15 miliar di Indonesia. Rencana itu disampaikan Chairman ExxonMobil Co. Darren Woods saat bertemu Presiden Jokowi di Amerika Serikat.

Jokowi dalam pertemuan yang digelar di San Fransisco pada Rabu (15/11) waktu setempat, mengapresiasi ExxonMobil atas rencana investasi untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan teknologi penyimpanan dan penangkapan karbon (Carbon Capture Storage/CSS).

Di tempat terpisah, Presiden ExxonMobil Indonesia, Carole Gall, mengatakan kerja sama ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan untuk mendorong peralihan ke masa depan dengan emisi yang lebih rendah.

"Peluang berskala besar ini secara substansial dapat meningkatkan pertumbuhan industri dan dekarbonisasi di Indonesia, serta kawasan Asia Pasifik,” kata Carole Gall dikutip pada Kamis (16/11).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut jika kerja sama mengenai kilang petrokimia hijau ini dapat terlaksana, maka kilang ini menjadi salah satu yang tercanggih. Dia juga menyampaikan perkiraan nilai investasi yang terkandung dalam rencana kerja sama ini.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...