Rice Cooker Gratis Dibagikan Awal Desember, ESDM Kantongi 407.000 Data

Mela Syaharani
22 November 2023, 09:33
rice cooker gratis
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Pengunjung melihat alat pemasak nasi listrik atau rice cooker di pusat penjualan perabot rumah tangga di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (10/10/2023).

Program pembagian alat masak listrik (AML) atau rice cooker gratis segera masuki tahap baru. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu menyebut akan mulai membagikan alat memasak tersebut pada awal Desember mendatang.

“Kami lagi menetapkan beberapa calon penerimanya, ini kami lagi belanja di e-katalog,” kata Jisman saat ditemui pada Gedung Nusantara 1 DPR RI pada Selasa (21/11).

Jisman mengungkap pembelanjaan unit rice cooker ini dilakukan melalui e-katalog sehingga pihak pengadaan langsung bekerja sama dengan distributor, sehingga diharapkan unit rice cooker dapat langsung dikirim.

Jisman berharap program ini dapat seluruhnya tersalur pada tahun ini. “Sekarang sudah ada 407 ribu data penerimanya dan masih diverifikasi datanya karena bisa saja ada yang tidak lolos, dalam artian adanya kemungkinan datanya ganda atau yang lain,” kata Jisman.

“Kan harus diverifikasi ke lapangan benar-benar punya listrik enggak. Kemudian, kalau kami beri AML akan menambah demand listriknya, tapi kalau trafo atau listriknya di daerah itu kurang, ya repot. Kan harus punya justifikasi di sana, karena akan merepotkan kemudian,” ujarnya menjelaskan.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...