PT Timah Temukan Potensi Lokasi Penambangan Logam Tanah Jarang Monasit

Mela Syaharani
28 November 2023, 18:24
logam tanah jarang, monasit, pt timah
Amman
Ilustrasi tambang.

Perusahaan holding pertambangan BUMN PT Timah mengatakan saat ini tengah mengkaji penambangan logam tanah jarang monasit. Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Nur Adi Kuncoro mengatakan telah menginventarisasi lokasi yang memiliki potensi penambangan monasit.

“Ada di Bangka Selatan dan Belitung Timur, lokasinya di darat,” kata Adi dalam Public Exposes Live 2023 sesi PT Timah yang dipantau secara daring pada Selasa (28/11).

Advertisement

Adi menyebut PT Timah sudah melakukan penghitungan melalui tim eksplorasi mereka untuk memperkirakan besaran potensi yang mampu dihasilkan PT Timah ketika melakukan kegiatan penambangan. Adi menyampaikan penambangan Monasit ini harus diiringi oleh penambangan timah.

“Jadi melakukan penambangan timah dan monasit. Karena memang monasit adalah bagian dari sisa hasil pengolahan timah,” ujarnya.

Adi menyebut, pengembangan monasit ini merupakan salah satu upaya mendukung hilirisasi yang digalakkan pemerintah. “Saat ini tim pengembangan usaha masih melakukan kajian sejauh mana dari monasit ini kita bisa tingkatkan tentunya menjadi produk hilir yang memang dibutuhkan di market,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement