Vale Targetkan Produksi Nikel Matte 2024 Sama Dengan Tahun Ini

Mela Syaharani
30 November 2023, 12:19
Aktivitas pabrik pengolahan Nikel milik PT Vale Indonesia (INCO) di wilayah Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
Katadata/ Wahyu DJ
Aktivitas pabrik pengolahan Nikel milik PT Vale Indonesia (INCO) di wilayah Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

PT Vale Indonesia mengatakan tidak ada kenaikan target produksi nikel matte pada 2024. Vale mematok pada 2024 target produksi mencapai 70 ribu ton nikel matte, sama seperti besaran target tahun ini.

Direktur Keuangan PT Vale Bernardus Irmanto mengatakan terdapat beberapa faktor yang menentukan level produksi perusahaannya. “Salah satunya adalah tingkat pemeliharaan alat,” kata Bernardus dalam Public Exposes Live 2023 sesi Vale Indonesia pada Rabu (29/11).

Bernardus menjelaskan apabila dibandingkan, terdapat perbedaan durasi pemeliharaan alat antara 2024 dengan 2023. “Di 2024 itu jumlah hari untuk pemeliharaan alat itu lebih besar, jadi itu akan berpengaruh juga pada ketersediaan alat kami yang ada di pabrik untuk berproduksi,” kata dia.

Kedua, berkaitan dengan kualitas nikel yang dihasilkan dari penambangan. “Harus memperhatikan grade nikel yg ada di area tambang kami. Kalau itu dinormalisasikan tentu saja berpeluang untuk berproduksi lebih tinggi,” ucapnya.

Dengan pertimbangan kedua hal tersebut, Bernardus menyebut level produksi yang mungkin ditetapkan mencapai level 70 ribu ton nikel matte. Meski tidak ada kenaikan produksi untuk tahun depan, Bernardus menegaskan Vale punya kesempatan untuk untuk meningkatkan produksi nikel matte pada tahun-tahun berikutnya.

“Tentu saja kami berusaha supaya pemeliharaan alat optimal sehingga di tahun-tahun selanjutnya itu availability dan utilisasi dari alat lebih tinggi lagi,” kata dia. Tidak hanya pengupayaan pemeliharaan yang semakin baik, Vale juga berupaya mendapatkan kualitas nikel yang lebih bagus.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...