SKK Migas Ajukan Dua Proyek Migas untuk jadi Proyek Strategis Nasional

Mela Syaharani
30 November 2023, 16:44
migas, proyek migas, proyek strategis nasional, skk migas
Medco Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

SKK Migas mengajukan pergantian status dari dua proyek hulu migas menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan dua proyek yang dimaksud yaitu Geng North, serta Asap Kido Merah (AKM).

“AKM sudah kami ajukan dan sudah mendapat dukungan dari Pak Menteri ESDM (Arifin Tasrif), Geng North juga sudah kami ajukan,” kata Dwi saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR RI pada Kamis (30/11).

Dwi menjelaskan, pengajuan status PSN ini dilandasi oleh dua hal, yakni sebab kedua proyek memiliki kapasitas besar serta mempunyai posisi yang vital bagi pengembangan daerah sekitar. Terlebih dengan adanya keberadaan pembangunan Kawasan Industri Pupuk di Papua Barat yang diresmikan tahun ini.

“AKM misalnya, dengan adanya pembangunan pabrik pupuk di sana kemudian peningkatan LNG dan kapasitasnya juga cukup besar, 330 MMscfd dan pabrik pupuknya sendiri itu sudah PSN,” jelas Dwi.

Lapangan Gas Asap Merah Kido ini terletak di Wilayah Kerja Kasuri, Papua. Blok yang dikelola oleh Genting Oil Kasuari Pte Limited ini memiliki estimasi sumber daya gas mencapai 330 MMscfd. Genting Oil baru menandatangani Head of Agreement (HOA) jual beli gas dengan PT Pupuk Kalimantan Timur untuk suplai gas ke pabrik pupuk.

Sedangkan Geng North, Dwi menyebut selain kapasitasnya yang besar keberadaannya dapat memberi keuntungan dari sektor energi. “Itu akan bisa mengoptimalkan utilisasi dari LNG Bontang, jadi sangat bagus perannya,” ucapnya

Menurut paparan SKK Migas, Geng North nantinya akan dikembangkan bersama IDD meskipun sebetulnya Geng North berada di luar wilayah IDD. Proyek Geng North memiliki jumlah gas sebanyak 5,3 triliun kaki kubik (TCF).

Dalam prosesnya, proyek ini akan menggunakan dua skema berbeda untuk pengembanggannya, yakni Southern Hub di Gendalo-Gandang dengan plateu produksi 0,7 miliar kaki kubik per hari (BCFD) dan Northern Hub di Gehem-Geng North mencapai 1 BCFD.

“Revisi rencana pengembangan (POD) untuk southern dan extension di kuartal IV 2023, sekarang sedang dalam pembahasan. Target on stream pada 2028,” kata dia

Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...