Brasil Gabung OPEC 2024, Bujuk Produsen Minyak Tinggalkan Energi Fosil

Happy Fajrian
3 Desember 2023, 09:46
opec, brasil,
Katadata
Brasil akan bergabung dengan OPEC pada Januari 2024.

Brasil segera bergabung dengan kelompok negara-negara penghasil minyak global, OPEC, bersama para sekutunya termasuk Rusia, atau lebih dikenal dengan OPEC+. Menurut keterangan resmi OPEC, Brasil akan bergabung pada Januari 2024.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan tujuan negaranya bergabung dengan OPEC+ adalah untuk mendorong agar kelompok tersebut beralih dari penggunaan energi fosil.

Advertisement

“Saya pikir penting bagi kami untuk mengambil bagian dalam OPEC+, karena kami perlu meyakinkan negara-negara penghasil minyak bahwa mereka perlu bersiap menghadapi berakhirnya era bahan-bakar fosil,” kata Lula pada gelaran konferensi iklim PBB COP28 di Dubai, seperti dikutip Reuters, Minggu (3/12).

“Persiapan berarti menggunakan uang yang mereka hasilkan untuk berinvestasi sehingga benua seperti Afrika dan Amerika Latin dapat memproduksi bahan bakar terbarukan yang mereka butuhkan, terutama hidrogen ramah lingkungan,” tambahnya.

Setelah komentar Lula, Menteri Pertambangan dan Energi Brasil, Alexandre Silveira, berbicara di media sosial mengenai masalah tersebut.

“Kami akan memimpin negara-negara penghasil minyak untuk mempercepat transisi energi. Di bawah kepemimpinan Presiden Lula kami ingin menggunakan pendapatan minyak untuk membiayai energi bersih dan terbarukan,” ujarnya.

Sebelumnya OPEC menyampaikan bahwa Menteri Pertambangan dan Energi Brasil Alexandre Silveira de Oliveira menghadiri pertemuan ke-36 tingkat menteri OPEC+ yang digelar secara virtual pada Kamis (30/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement