Produksi Migas Turun di Bawah Target, Pakar Sarankan 4 Kebijakan Ini

Mela Syaharani
7 Desember 2023, 17:47
produksi migas, lifting migas, lifting minyak, produksi minyak
Pertamina
Bertepatan dengan 2 tahun pascaalih kelola Blok Rokan, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kini berada di puncak produksi minyak dan gas (migas) Indonesia (9/8/2023).

Produksi migas Indonesia terus mengalami penurunan. Reforminer Institute mencatat pada periode 2010 hingga 2022 produksi minyak turun rata-rata 3,28 per tahun dan gas turun 3,36% per tahun.

Kementerian Keuangan melaporkan pada September 2023 produksi minyak mencapai 608,6 ribu barel per hari (bph). Namun pada akhir Oktober, Kementerian ESDM melaporkan produksi minyak hanya mencapai 582,69 ribu bph.

Advertisement

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengatakan ada beberapa kebijakan yang bisa diterapkan pemerintah untuk menahan laju penurunan produksi sekaligus menggenjot produksi di masa depan.

Dalam publikasi ReforMiner Note bertajuk Target Produksi Migas Tahun 2030 dan Reformasi Pengelolaan Hulu Migas Nasional, Komaidi mengatakan bahwa tren penurunan produksi lantaran usia lapangan migas yang sudah mature atau tua. Sementara itu pola investasi hulu migas hanya mengalokasikan porsi yang minim untuk eksplorasi.

“Pilihan kebijakan pemerintah dapat dikatakan relatif tidak banyak selain memberikan dukungan berupa peningkatan keekonomian lapangan seoptimal mungkin,” kata Komaidi dalam publikasi tersebut, dikutip Kamis (7/12).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement