Cadangan Migas RI Bertambah 599 Juta Barel dari Persetujuan 33 POD

Mela Syaharani
18 Desember 2023, 12:05
cadangan migas
SKK Migas
SKK Migas - KKKS Bumi Siak Pusako menggelar syukuran atas selesainya pengeboran sumur eksplorasi Nuri-1X yang berada di Dusun Plambayan, Provinsi Riau (29/12/2022).

SKK Migas menambah jumlah cadangan minyak dan gas sebanyak 599,08 juta barel setara minyak (MMBOE). Penambahan ini berasal dari persetujuan 33 rencana pengembangan atau plan of development (POD) lapangan migas pada November lalu.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara menyampaikan nilai komitmen investasi dan biaya operasional dari POD yang disetujui mencapai US$ 10,385 miliar atau setara Rp 156 triliun.

Apabila memasukkan dana abandon site & restoration (ASR) yang sebesar US$ 384 juta, maka keseluruhan mencapai US$ 10,769 miliar. “Secara keseluruhan pengajuan POD dan sejenisnya di 2023 mencapai 40 usulan dengan potensi penambahan cadangan migas mencapai sekitar 788,29 MMBOE,” kata Benny siaran pers, dikutip Senin (18/12).

Dia menambahkan bahwa salah satu kunci meningkatkan cadangan migas yang bisa diproduksi adalah mendorong setiap temuan migas untuk dapat dilakukan POD secara cepat.

Selain penambahan cadangan, SKK Migas juga mengatakan bahwa rasio penggantian cadangan migas atau reserves replacement ratio (RRR) sudah mencapai 104,5%. Melalui angka ini, mencatatkan bahwa target RRR di 2023 sudah terpenuhi hingga bulan November.

Benny menyebut, prognosa capaian RRR hingga Desember ini akan mencapai 137,5%. Angka ini dapat dicapai setelah persetujuan beberapa Optimasi Pengembangan Lapangan (OPL), mulai dari OPL Ubi Sikladi, OPL Riau Waterflood, POD I Revisi Kaliberau Dalam, OPLL Jambi Merang, OPL Karangan Barat dan POD I Maha.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...