SKK Migas Setujui Dua Proyek EOR Senilai Rp 5,18 Triliun di Blok Rokan

Mela Syaharani
19 Desember 2023, 17:46
blok rokan, skk migas, pod migas, eor,
Pertamina
Bertepatan dengan 2 tahun pascaalih kelola Blok Rokan, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kini berada di puncak produksi minyak dan gas (migas) Indonesia (9/8/2023).

SKK Migas memberi persetujuan terhadap dua usulan rencana pengembangan (POD) Enhanced Oil Recovery (EOR) di dua lapangan migas di Blok Rokan.

Usulan POD pertama yaitu dari Lapangan Minas Tahap-1 (Area-A) yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan investasi Rp 1,48 triliun.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja, SKK Migas, Benny Lubiantara mengatakan POD chemical EOR Minas tahap 1 ini sangat penting sebelum menuju investasi yang lebih masif melalui POD-POD tahap berikutnya.

“Informasi yang diperoleh pada tahap ini diperlukan untuk memitigasi risiko pada saat pengembangan lapangan skala penuh (full scale) nantinya” kata Benny dikutip dari siaran pers pada Selasa (19/12).

Selain Lapangan Minas, SKK juga telah menyetujui POD Steamflood EOR Lapangan Rantaubais Tahap-1 juga telah disetujui dengan investasi Rp. 3,7 triliun pada Jumat (1/12). Dari kedua persetujuan tersebut, maka total investasi proyeknya mencapai Rp 5,18 triliun.

Sebagai informasi, kedua proyek EOR tersebut merupakan bagian dari pemenuhan Komitmen Kerja Pasti di Wilayah Kerja Rokan yang telah dibuat pada saat alih kelola.

“Persetujuan dua POD EOR di akhir 2023 ini menunjukkan bahwa kita semua berkomitmen untuk menyelesaikan secara tuntas, begitu memasuki 2024 menjadi tahun eksekusi untuk implementasi proyek-proyek EOR yang sudah ditunggu oleh banyak pihak,” kata Benny.

Melalui persetujuan POD ini, Minas akan menjadi lapangan pertama di Indonesia yang mengimplementasikan metode Chemical EOR (CEOR) pada skala komersial dengan menggunakan bahan kimia injeksi Alkali-Surfaktan-Polimer (ASP).

Komersialisasi proyek ini menjadi tonggak bersejarah setelah perjalanan panjang pengembangan proyek CEOR sejak tahun 200an yang diinisiasi oleh operator Wilayah Kerja Rokan sebelumnya (Caltex/Chevron).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...