Pakar Nilai Data BLT Lebih Tepat Untuk Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Mela Syaharani
8 Januari 2024, 13:56
subsidi lpg, lpg 3 kg, gas elpiji,
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.
Warga mengambil tabung gas elpiji 3 kilogram yang dibeli di salah satu toko agen Kampung Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah menetapkan konsumen tepat sasaran subsidi LPG 3 Kg berdasarkan data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi menilai program ini lebih baik menggunakan data untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT).

“Sesungguhnya sangat mudah untuk dilakukan. Jadi gunakan data Kemensos saja, itu kan sudah ada by name by address. Data itu sudah digunakan untuk membagi BLT, Bansos, artinya itu sudah ter-update,” kata Fahmy saat dihubungi Katadata.co.id, dikutip Senin (8/1).

Selain menggunakan data BLT, Fahmy menyebut pemerintah juga harus membuat sebuah kartu khusus, lengkap dengan barcode yang digunakan untuk membeli elpiji hanya dengan memindai atau scan kartu saja.

“Dalam barcode itu akan menunjukkan, oh iya masyarakat ini berhak, masyarakat ini sudah 2 tabung dalam sebulan. Data itu dengan mudah bisa diakses, tidak perlu Pertamina repot lagi membuat terminal data dan sebagainya,” ujar Fahmy.

Sebagai informasi, menurut data P3KE total nomor induk kependudukan (NIK) yang berhak mengkonsumsi barang bersubsidi tersebut mencapai 189 juta orang.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...