SKK Migas Targetkan POD Geng North Dapat Diajukan Juni 2024

Mela Syaharani
12 Januari 2024, 10:35
geng north, north ganal, skk migas,
Katadata / Trion Julianto
Kunjungan SKK Migas ke Tempat Pemisahan Minyak CGS PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau (31/12/2022).
Button AI Summarize

SKK Migas menargetkan rencana pengembangan (POD) Geng North, Kalimantan Timur dapat diajukan pada Juni 2024. Deputi Eksplorasi SKK Migas Wahju Wibowo mengatakan sedang menanti hasil sertifikasi cadangan dari Lemigas.

“Setahu saya sertifikasi dari Lemigas harusnya selesai dalam beberapa bulan ini, lalu setelah itu POD,” kata Wahju saat ditemui di Kementerian ESDM pada Kamis (11/1).

Sebagai informasi, Geng North merupakan sebuah sumur eksplorasi di wilayah kerja (WK) North Ganal yang mengandung cadangan gas di lokasi dengan perkiraan awal mencapai 5 triliun kaki kubik (TCF) serta kandungan kondensat sebanyak 400 MBBLS. Temuan ini dilaporkan oleh perusahaan migas asal Italia, ENI pada Oktober 2023.

Dia menjelaskan, pihaknya tengah mempercepat proses pengajuan POD melalui pengerjaan prosedur secara paralel. “Supaya persetujuannya cepat, harusnya ada tim dari SKK yang andil dalam project management sewaktu melakukan evaluasi studi. Lalu disaat yang bersamaan juga melakukan sertifikasi dengan Lemigas,” ucapnya.

Wahju mengatakan pengajuan POD dari Geng North ini dapat dilaksanakan pada Juni mendatang. “Iya, Juni. Targetnya semoga saja pada pertengahan tahun ini POD bisa diajukan karena ini kan WK eksplorasi, nanti begitu POD 1 kemudian persetujuan POD kan menjadi mulai komersial. Nanti pak menteri yang tanda tangan,” ujar Wahju.

ENI mencatat temuan cadangan gas itu berasal dari kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Geng North-1 pada kedalaman 5.025 meter dan kedalaman air hingga 1.947 meter, tempat penemuan cadangan gas setebal sekira 50 meter di reservoir batu pasir Miosen bersifat petrofisika.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...