Debat Cawapres Tak Singgung Batu Bara, Bisa Jadi Momok Transisi Energi

Mela Syaharani
22 Januari 2024, 16:37
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk yang didatangkan dari Samarinda di Pelabuhan PLTU Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Kamis (4/1/2023). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi produksi b
ANTARA FOTO/Andri Saputra.
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk yang didatangkan dari Samarinda di Pelabuhan PLTU Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Kamis (4/1/2023). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi produksi batubara nasional per 6 Desember 2023 tersebut melebihi target yaitu mencapai 706,73 juta ton dari target nasional sebesar 694 juta ton.
Button AI Summarize

Pakar Energi dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, menyoroti ketiadaan pembahasan mengenai batu bara Indonesia dalam debat cawapres yang dilaksanakan KPU pada Minggu (21/1). Menurut Fahmy pemerintah selanjutnya perlu memberi perhatian akan keadaan batu bara Indonesia.

“Cadangan batu bara kita masih sisa banyak sekali, nanti mau diapakan saat transisi energi? Dimana pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sudah dipensiunkan dini,” kata Fahmy saat dihubungi Katadata.co.id pada Senin (22/1).

Menurut Fahmy, momentum debat cawapres kemarin seharusnya dapat dimanfaatkan untuk memaparkan gagasan yang akan diambil para kandidat dalam mengelola energi saat menjabat nanti.

“Kemudian gasifikasi batu bara juga tidak dibahas, dimana cara tersebut sudah pernah diusahakan namun nilai keekonomiannya tidak tercapai,” kata dia.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro juga mengatakan bahwa saat ini batu bara masih mendominasi sebagai sumber energi listrik di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...