Profil Wiko Migantoro, Bos PHE yang Jadi Tangan Kanan Nicke Widyawati

Mela Syaharani
1 Februari 2024, 14:50
pertamina, wiko migantoro, profil
Arief Kamaludin|Katadata
Button AI Summarize

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, Wiko Migantoro, ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendampingi Nicke Widyawati sebagai Wakil Direktur Utama Pertamina (Persero).

Penunjukkan Wiko dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang digelar Kementerian BUMN pada Rabu (31/1). Selain Wiko, Erick juga menunjuk Ahmad Siddik Badrudin sebagai Direktur Manajemen Risiko.

Sebelum penunjukkan Wiko, tidak ada yang mengisi posisi jabatan wakil direktur utama Pertamina. Penunjukkan dua posisi jajaran direksi PT Pertamina (Persero) ini tertuang dalam SK-25/MBU/01/2024 tentang Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis (1/2), menjelaskan dengan penambahan jajaran direksi tersebut diharapkan perseroan bisa bergerak semakin agresif dengan tetap mengutamakan aspek pengelolaan risiko.

"Ke depannya, Pertamina akan bekerja lebih agresif, lebih cepat dengan mengutamakan manajemen risiko. Dengan jajaran direksi baru ini, Pertamina optimis mencapai target menjadi perusahaan energi terdepan," kata Fadjar dikutip dari Antara.

Wiko sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) atau Subholding Upstream Pertamina. Sementara Ahmad sebelumnya menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri.

Profil Wiko Migantoro

Wiko Migantoro merupakan seorang lulusan Sarjana Teknik Mesin Universitas Brawijaya. Menurut laman resmi PHE, jabatan pertama yang diembannya sebagai Field Manager Pertamina EP Asset 5 di Tarakan Field, Kalimantan Timur. Jabatan ini Wiko lakoni dari 2009 hingga 2012.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...