Pertamina Kelola Lapangan Migas di Venezuela, Cadangan 12 Miliar Barel

Mela Syaharani
2 Februari 2024, 14:57
pertamina, kementerian esdm, cadangan migas, venezuela
Pertamina
Pertamina memperpanjang kontrak konsesi blok migas Menzel Ledjmet Nord (MLN) di Aljazair hingga 35 tahun ke depan.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM menjelaskan bahwa kunjungan bersama Pertamina ke Venezuela beberapa waktu lalu berkaitan dengan kepemilikan saham Pertamina di perusahaan migas Prancis, Maurel et Prom (M&P).

“Ini kan Pertamina mengambil alih sahamnya (M&P), mereka punya lapangan di Venezuela. Dulu diambil bekas dikelola Shell,” kata Arifin saat ditemui di kantornya pada Jumat (2/2).

Arifin menjelaskan bahwa lapangan migas yang dikelola M&P memiliki cadangan dalam jumlah besar. Selain Venezuela, M&P juga memiliki lapangan migas di Aljazair dan sejumlah negara lainnya.

“Itu ada potensi 12 miliar barel di Lake Maracaibo, Venezuela. Jadi sekarang jangan sampai aset itu tidak terutilisasi atau tidak dimanfaatkan,” ujarnya.

Melansir laman resmi Pertamina (Persero), perusahaan migas pelat merah itu menandatangani perjanjian pembelian 24,53% saham Maurel & Prom dari Pacifico pada 2016. Saham yang terdaftar di bursa efekk Prancis tersebut diakuisisi dengan harga EUR 4,20 per saham, ditambah premium EUR 0,5 per saham.

Sebelumnya, laporan hasil pemeriksaan investigatif (LHP PI) BPK kepada KPK atas kegiatan investasi berupa akuisisi Maurel et Prom (M&P) oleh Pertamina melalui Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) menemukan adanya penyimpangan yang berindikasi pidana dengan kerugian negara US$ 60 juta, sekitar Rp 937 miliar.

Terkait hal ini, Arifin mengatakan bahwa akan mengikuti proses yang ada. "Eksekusinya sudah jadi, administrasi kalau ada fraud atau segala macam ya diselesaikan. Tapi kami melihat prospeknya bagus. Potensinya bagus yang di Venezuela. Kemudian ada di lapangan lain lagi yang memang bisa diangkat liftingnya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...