SKK Migas: Pengganti Zarubezhneft di Blok Tuna akan Diputuskan April

Mela Syaharani
5 Februari 2024, 10:46
blok tuna, skk migas, zarubezhneft
Medco Energi
Ilustrasi blok migas.
Button AI Summarize

SKK Migas memberikan kabar perkembangan terbaru untuk pengelolaan Blok Tuna, di Laut Natuna Utara. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan saat ini penggantian perusahaan Blok Tuna Sudah memasuki proses pembukaan data.

Dwi menyampaikan sebagian perusahaan sudah ada yang menyampaikan penawaran dan ketertarikan terhadap Blok Tuna. “Ada 14 perusahaan kalau tidak salah, dari perusahaan global atau luar negeri,” kata Dwi di Kementerian ESDM, dikutip Senin (5/2).

Guna memperoleh pengelolaan Blok Tuna yang sebelumnya dipegang oleh perusahaan asal Rusia, Zarubezhneft. Maka keputusan mengenai pihak pengganti ini akan ditetapkan dalam dua bulan ke depan.

“Mereka harus menyampaikan pada Maret 2024, kemudian April keputusan penggantinya Zarubezhneft,” ujarnya. Dwi menyebut, jumlah pengelola Blok Tuna belum dapat dipastikan. “Entah satu atau dua perusahaan, belum tahu,” kata dia.

Sebagai informasi Zarubezhneft merupakan perusahaan migas asal Rusia yang memiliki peran sebagai salah satu pemegang hak kelola Blok Tuna bersama Premier Oil Tuna BV yang masing-masing menggenggam 50% hak partisipasi.

Terkait pembukaan data Blok Tuna, izin ini diperoleh melalui anak usaha ZN Asia Limited. Zarubezhneft telah mendapatkan izin pengajuan buka data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai langkah awal untuk melepas 50% hak partisipasi di Blok Tuna.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...