Target Berat 1 Juta Barel Minyak, Ini Kendalanya Menurut SKK Migas

Mela Syaharani
5 Februari 2024, 14:10
produksi migas, skk migas, produksi minyak, 1 juta barel, produksi gas
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
\
Button AI Summarize

SKK Migas mengatakan terdapat tantangan besar dalam usaha mencapai target produksi minyak 1 juta barel per hari (bopd) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) pada 2030.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan salah satu kendala tersebut yaitu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) masih fokus dalam mempertahankan penurunan produksi alamiah dari lapangan yang ada.

Selain kendala penurunan produksi, Dwi menyebut ada kendala lain dari sisi cadangan dalam mencapai target 2030. “Sedangkan untuk mengubah cadangan menjadi produksi juga terkendala oleh masalah POD mangkrak dan proyek yang tertunda,” kata Dwi dalam siaran pers yang dikutip pada Senin (5/2).

Tidak hanya minyak, Dwi juga turut menyebutkan tantangan dalam mencapai target produksi gas 2030. “Untuk gas, kami juga perlu mengatasi tantangan berupa keterlambatan proyek dan serapan yang dari pembeli. SKK Migas membutuhkan komitmen KKKS untuk melaksanakan POD dan menyelesaikan proyek tepat waktu,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada 2023 lifting minyak ditarget mencapai 660 juta barel per hari (MBOPD) dengan realisasi 605, 5 MBOPD atau 92% dari APBN. Sementara lifting gas sebanyak 6.160 MMSCFD dengan realisasi sebesar 5.378 MMSCFD atau 87% dari target APBN.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...