Pertamina Tambah Stok LPG dan BBM di Pulau Jawa Jelang Pemilu

Mela Syaharani
12 Februari 2024, 12:30
LPG, stok BBM, stok lpg
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Pemerintah akan menambah stok LPG 3kg dan BBM.
Button AI Summarize

Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menambah pasokan LPG 3 kg di BBM di wilayah Jawa menjelang Pemilu. Tambahan pasokan LPG 3 kg diberikan sebanyak 1.093 metrik ton, sedangkan BBM sebanyal 3% dari kuota harian untuk bensin, dan 2% untuk diesel.

Tambahan pasokan LPG 3 kg diberikan untuk kabupaten/kota di Pantura dan Madura sebanyak 969 metrik ton (MT) atau 47,7% dari konsumsi normal harian. Tambahan stok LPG 3kg juga diberikan untuk Kabupaten Bondowoso, Jember dan Lumajang sebanyak 124 MT atau 8,1% dari konsumsi normal harian.

Area Manager Comm, Rel & CSR Ahad Rahedi mengatakan, penambahan tersebut dilakukan berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi dan pemantauan konsumsi beberapa pekan terakhir.  Menurut dia, pihaknya tidak menambah stok di kabupaten/kota lainnya karena dirasa cukup.

"Kami tidak ada kenaikan konsumsi yang cukup berarti selama beberapa hari libur tanggal merah ini dan stok di agen serta pangkalan daerah tersebut dalam kondisi mampu memenuhi kebutuhan beberapa hari kedepan,” kata Ahad dalam siaran pers yang dikutip Senin (12/2).

Meski ada penambahan stok pada tiga kabupaten, Ahmad menyebut bahwa  stok LPG di Jawa Timur dalam kondisi sangat aman. Hal ini karena penambahan pasokan tersebut merupakan extra dropping bagi agen atau pangkalan.

Ahad menyebut, stok LPG 3 kg didukung oleh keberadaan tiga Storage LPG Utama di Jawa Timur, yakni Surabaya, Gresik dan Banyuwangi. Total penyimpanan dapat mencapai 15.372 MT dengan konsumsi rata-rata harian sebesar 4.035 metrik ton per hari.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...