ESDM: Nasib Rosneft di Proyek Kilang Tuban akan Diputuskan Setelah FID

Mela Syaharani
13 Februari 2024, 12:31
rosneft, kilang tuban,
123rf.com/Supakit Poroon
Ilustrasi kilang minyak.
Button AI Summarize

Pemerintah hingga saat ini belum mendapatkan kabar lanjutan mengenai penggantian Rosneft dalam proyek Grass Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan kelanjutan Rosneft dalam proyek ini akan diketahui setelah keputusan akhir investasi (FID) pada Maret mendatang.

“Belum ada informasi ke saya. Setelah FID nanti kami lihat apakah kerja samanya akan diteruskan atau tidak,” kata Tutuka saat ditemui di Kementerian ESDM dikutip Selasa (13/2).

Kilang Tuban merupakan proyek kerja sama antara Pertamina dengan perusahaan Rusia, Rosneft. Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019.

Pengelola proyek ini yaitu Kilang Pertamina Internasional bersama Rosneft, perusahaan migas asal Rusia. Pada proyek ini Pertamina menguasai saham 55%, sementara Rosneft 45%. Kedua perusahaan kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) pada November 2017.

Untuk diketahui, Kilang Tuban yang terletak di Jawa Timur ini mengalami masalah pendanaan sebab Rosneft selaku investor dalam proyek tersebut terdampak sanksi dari Uni Eropa kepada Rusia atas perang di Ukraina.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...