Elnusa Terapkan EOR di Sejumlah Lapangan Migas, Termasuk di Blok Rokan

Mela Syaharani
16 Februari 2024, 13:36
blok rokan, elnusa, eor
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Suasana lokasi di Rig (alat pengeboran minyak bumi) PDSI 49 milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau, Senin (8/8/2022).
Button AI Summarize

PT Elnusa fokus mengimplementasi Studi Reservoir & Enhanced Oil Recovery (EOR) di sejumlah lapangan migas di Indonesia. Salah satunya yaitu di Blok Rokan pada 2023, bersama dengan Pertamina Hulu Rokan, Elnusa melakukan pekerjaan teknologi stimulasi reservoir untuk EOR.

Dengan berkolaborasi dengan Pertamina Upstream Research and Technology Innovation (URTI), Elnusa telah aktif terlibat dalam mengimplementasikan teknologi stimulasi reservoir di lingkungan PHR WK Rokan.

Manager Corporate Communication Elnusa Jayanty Oktavia Maulina mengatakan Blok Rokan bukanlah pengalaman pertama bagi Elnusa dalam mengimplementasikan EOR. Pada 2018, Elnusa berhasil melakukan aplikasi EOR injeksi polimer di sumur T46 di Lapangan Tanjung, Aset 5 PEP.

Dia menegaskan bahwa Elnusa siap untuk revolusi industri energi melalui terobosan teknologi terkini. ;“Kami memiliki DNA resilience dan inovasi sejak 54 tahun lalu berdiri, dan dengan itu kami bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan ke depan sesuai dengan roadmap Environmental, Social, and Governance (ESG) perseroan yang saat ini sedang ditinjau kembali,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip pada Jumat (16/2).

Penawaran layanan EOR memperlihatkan keahlian Elnusa dalam pemodelan dan simulasi reservoir, yang secara khusus dirancang untuk mengoptimalkan operasi CO2 Huff-and-Puff di reservoir batugamping.

Jayanty menyampaikan, Elnusa saat ini tengah berfokus untuk mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan sesuai dengan strategic direction Perseroan.

“Meski begitu, Kami tetap menyadari tantangan yang inheren khususnya dalam lanskap bisnis Energi yang berkelanjutan. Perseroan mengakui perlunya beradaptasi dengan tantangan yang berkembang dan perubahan untuk tetap kompetitif dan memberikan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...