Sederet Strategi Digitalisasi MIND ID Demi Pertambangan Berkelanjutan

Happy Fajrian
20 Februari 2024, 11:24
mind id, digitalisasi, keberlanjutan, sustainability, pertambangan
Dok. MIND ID
Pekerja lapangan perusahaan grup MIND ID.
Button AI Summarize

Digitalisasi di sektor industri pertambangan menjadi salah satu prioritas yang dilakukan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia. Langkah besar diambil Grup MIND ID dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Komitmen MIND ID untuk mendorong implementasi digitalisasi dalam industri ini tidak hanya berdampak pada efisiensi operasional tetapi juga pada keselamatan kerja dan keberlanjutan lingkungan.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan transformasi digital telah menjadi fokus utama perusahaan. Upaya ini tidak hanya bertujuan meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga untuk mewujudkan aktivitas yang lebih optimal dan efisien.

“Salah satu inisiatif utama MIND ID adalah pengembangan aplikasi digital yang mencakup berbagai aspek bisnis, mulai dari pengelolaan limbah hingga sistem informasi korporasi,” kata Heri melalui siaran pers, dikutip Selasa (20/2).

Pengembangan aplikasi seperti Geologging dan Mastermine menandai langkah besar dalam memanfaatkan teknologi canggih seperti machine learning dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan proses eksplorasi dan pengelolaan lingkungan.

Misalnya, aplikasi Geologging telah terbukti mempercepat proses eksplorasi mineral di PT Antam Tbk. Sementara Mastermine berperan dalam memantau dan mengontrol sistem pengolahan limbah tambang secara daring di PT Bukit Asam Tbk.

Selain peningkatan efisiensi operasional, digitalisasi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan kerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...