Pemerintah Tahan Harga BBM dan Tarif Listrik, Pakar: Keputusan Tepat

Mela Syaharani
27 Februari 2024, 17:40
harga bbm, tarif listrik, harga minyak
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina Jalan Riau, Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/62023).
Button AI Summarize

Pemerintah telah memastikan bahwa harga BBM, baik BBM subsidi Pertalite maupun nonsubsidi, serta tarif listrik tidak akan naik dalam waktu dekat. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif usai mengikuti rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo pada Senin (26/2).

Menanggapi hal ini, pengamat energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengatakan hal tersebut merupakan keputusan yang tepat untuk saat ini.

“Kalau kondisi sekarang menurut saya tepat sekali. Tidak boleh ada kenaikan harga BBM subsidi ataupun listrik. Karena kenaikan BBM subsidi atau listrik itu pasti akan menaikkan inflasi dan menurunkan daya beli serta krisis,” kata Fahmy saat dihubungi Katadata.co.id pada Selasa (27/2).

Apalagi menurut Fahmy harga minyak dunia saat ini sedang mengalami penurunan harga yang berkisar antara US$ 70-80 dolar per barelnya. “Sehingga tidak ada potensi untuk menaikkan tadi jadi itu tepat untuk tidak dinaikkan,” ucap Fahmy.

Meski begitu, Fahmy mengatakan pemerintah tetap perlu menaikkan harga BBM apabila harga minyak dunia sudah bergerak ke harga di atas US$ 90 per barel.

“Kalau harga naik sampai US$ 90 per barel, dan pemerintah tetap tidak menaikkan harga BBM subsidi maka beban APBN akan semakin besar dan ini akan menjadi beban bagi APBN,” ujarnya.

Terlebih Fahmy menjelaskan, Indonesia juga memiliki program makan siang dan susu gratis yang membutuhkan pendanaan cukup besar. “Ini akan semakin memberatkan APBN dan akan menyebabkan defisit sehingga utang akan semakin besar,” ucapnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...