Freeport Tunggu Kepastian IUPK Sebelum Bangun Smelter Baru di Fakfak

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Maret 2024, 14:35
smelter, freeport, iupk
PLN
Proyek Smelter Freeport.
Button AI Summarize

Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas, menyatakan menunggu kepastian perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) hingga 2061 sebelum menetapkan rencana pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga baru di Fakfak, Papua Barat.

Adapun pembangunan smelter tembaga di Fakfak merupakan salah satu bagian dari syarat perpanjangan IUPK Freeport yang akan habis pada 2041 mendatang. Tony mengatakan bahwa PTFI perlu mengunci kepastian penambahan masa operasi sebelum memutuskan untuk mendirikan smelter baru.

"Kami belum tahu kapan mulai konstruksi, belum tahu. Kami masih tunggu sampai perpanjangannya selesai," kata Tony di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (28/3).

Komitmen untuk membangun smelter tembaga baru di Fakfak pernah disinggung oleh Direktur Utama Freeport McMoRan, Richard Adkerson saat melangsungkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat pada 13 November 2023.

Keduanya kembali melangsungkan pertemuan di Istana Merdeka Jakarta pada hari ini, Kamis (28/3). Forum tersebut juga turut dihadiri oleh Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI), Tony Wenas dan Dewan Komisaris PT Freeport Indonesia Kathleen Quirk.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...