KPI Targetkan Keputusan Akhir Investasi Proyek Kilang Tuban Kuartal IV

Mela Syaharani
1 April 2024, 15:25
kilang tuban, pertamina, kilang pertamina
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina.
Button AI Summarize

Kilang Pertamina Internasional menargetkan keputusan akhir investasi (FID) dari proyek grass root refinery (GRR) atau Kilang Tuban ditetapkan pada kuartal keempat 2024.

Direktur Utama PT KPI Taufik Aditiyawarman mengatakan FID tidak mungkin diselesaikan dalam waktu dekat. “Tidak Maret, FID tidak mungkin Maret 2024. Target awal FID 2025, tapi kami akan selesaikan di tahun ini, kuartal IV 2024,” kata Taufik dikutip pada Senin (1/4).

Kilang Tuban merupakan proyek kerja sama antara Pertamina dengan perusahaan migas Rusia, Rosneft. Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019.

Kilang dengan nilai Investasi proyek mencapai US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54,2 triliun itu dibangun dengan kapasitas pengolahan 300 ribu barel per hari yang diperkiraan dapat menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Taufik mengatakan pihaknya saat ini sedang persiapan untuk tahap pemilihan pihak pelaksana Engineering Procurement Construction (EPC). “Kami baru saja kick off meeting untuk EPC,” ujarnya.

EPC merupakan tahapan yang terdapat dalam proses perancangan sebuah sistem yang akan dibangun, yang dilanjutkan dengan pengadaan kemudian membangun sistem yang sudah dirancang sebelumnya.

Pertamina akan mulai menawarkan proyek ini kepada sejumlah perusahaan hingga mendapatkan pelaksana EPC untuk kilangnya. Penetapan pelaksana EPC ini akan dilakukannya bersama Rosneft setelah proses FID selesai.

“EPC memang harus dilakukan (sebelum FID). Kami akan lelang dahulu namun pemenangnya belum, menunggu FID,” ucapnya sembari menjelaskan bahwa data EPC ini nantinya akan digunakan untuk input keekonomian proyek kilang.

Posisi Rosneft

Mengenai proyek Kilang Tuban, Taufik menegaskan hingga saat ini pihaknya masih bekerja sama dengan Rosneft dan hingga saat ini belum ada mitra baru pengelola salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini. “Kami masih bersama Rosneft dan sejauh ini belum ada (tambahan mitra). Rosneft masih di dalam (proyek),” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...