Harga Minyak Terus Menguat, Tertinggi Sejak Oktober

Mela Syaharani
4 April 2024, 09:59
Marko Djurica Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Kilang Minyak Lysychansk setelah terkena rudal di Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, Sabtu (16/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica/foc/sad.
Marko Djurica Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Kilang Minyak Lysychansk setelah terkena rudal di Lysychansk, wilayah Luhansk, Ukraina, Sabtu (16/4/2022).
Button AI Summarize

Harga minyak naik di awal perdagangan Asia pada hari Kamis (4/4). Kenaikan harga ini terjadi di tengah kekhawatiran penurunan pasokan global.

Kontrak harga minyak Brent untuk Juni naik 15 sen, atau 0,2%, dan menetap di US$ 89,51 per barel pada pukul 00.37 GMT. Sementara kontrak minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk Mei naik 15 sen, atau 0,2%, menjadi US$ 85,59 per barel.

Sebagai informasi, minyak Brent kontrak Juni ataupun WTI kontrak Mei mengalami kenaikan harga selama empat hari terakhir dan ditutup Rabu (3/4) pada level tertinggi sejak akhir Oktober.

Pertemuan para menteri utama dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia atau OPEC+ pada Rabu (3/4) memutuskan untuk tetap mempertahankan kebijakan suplai minyak. Pertemuan tersebut juga mendesak beberapa negara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pengurangan produksi.

Kelompok ini mengatakan bahwa beberapa anggota akan mengkompensasi kelebihan pasokan pada kuartal pertama. Mereka juga mengatakan bahwa Rusia akan beralih ke produksi daripada pembatasan ekspor.

Permintaan Minyak Diprediksi Naik

Di hari yang sama, Ketua Federal Reserve Jerome Powell memperingati untuk berhati-hati tentang penurunan suku bunga di masa depan karena data baru-baru ini menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...