Cari Potensi Migas di Indonesia Timur, Elnusa Survei Seismik di Maluku

Safrezi Fitra
7 April 2024, 12:51
Cari Potensi Migas di Indonesia Timur, Elnusa Survei Seismik di Maluku
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi kapal survei seismik Elnusa.
Button AI Summarize

Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, PT Elnusa Tbk, akan melakukan kegiatan survei seismik di wilayah Indonesia timur, khususnya Bone dan Seram, Provinsi Maluku.

Survei seismik di wilayah terbuka (non-blok migas) ini merupakan pemenuhan Komitmen Kerja Pasti dengan SKK Migas. Adapun lokasi survei berada di perairan dekat dengan Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku dengan luas area mencapai 700 km².

"Berikutnya Elnusa akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat sebelum pekerjaan dimulai," kata Field Supervisor Pertamina Hulu Energi Agung Adi Susanto, Minggu (7/4).

Survei seismik adalah tahapan paling awal dalam proses eksplorasi migas. Hasil dari survei ini adalah gambaran jebakan hidrokarbon di dalam tanah. Survei seismik kali ini sepenuhnya berada di area laut yang menggunakan kapal survei dengan penangkap jenis streamer yang berlangsung kurang lebih 60 hari.

Project Survei Seismik 3D Offshore ini dianggap penting karena wilayah Indonesia timur, khususnya Bone dan Seram, memiliki potensi yang besar dalam hal sumber daya energi yang belum sepenuhnya dilakukan eksplorasi.

Pertamina berharap survei seismik 3D Offshore Bone Seram ini dapat menciptakan pemetaan yang lebih akurat dan detail tentang struktur geologi dan stratigrafi di bawah laut. Sehingga bisa membantu mengidentifikasi potensi sumber daya energi di wilayah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...