SKK Migas Akui Kinerja Sektor Migas Belum Optimal, Ini Penyebabnya

Mela Syaharani
24 April 2024, 16:19
migas, skk migas,
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Button AI Summarize

SKK Migas mengaku belum dapat mencapai target yang ditetapkan untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas) nasional. Hal ini disebabkan oleh tiga hal, namun utamanya berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro menyampaikan pandemi tidak hanya menyebabkan tidak optimalnya operasional hulu migas karena adanya pembatasan-pembatasan mobilitas, tapi juga juga berdampak pada turunnya investasi hulu migas.

Hal ini menyebabkan jarak atau gap yang signifikan dengan target investasi pada program jangka panjang (LTP) yang telah disusun.

“Industri hulu migas memiliki cycle yang panjang sekitar tujuh tahun sejak ditemukannya lapangan migas hingga dapat diproduksi. Ketika terjadi pandemi, dan investasi turun tentu cycle akan bertambah panjang. Pandemi sudah berakhir, dampaknya terhadap kinerja dan operasional hulu migas masih dirasakan,” ujarnya, Rabu (24/4).

Selain pandemi Covid-19, terdapat faktor yang lain yang menjadi kendala. Seperti reliability fasilitas produksi yang tidak optimal karena sudah tua sehingga sering terjadi kebocoran, keterlambatan membangun infrastruktur industri hulu migas dan sebagainya.

Kendati demikian, SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus melakukan upaya-upaya terbaik (best effort) untuk dapat mengoptimalkan produksi migas nasional guna mencapai target jangka pendek, sekaligus menjadi pondasi untuk mendukung pencapaian target jangka panjang.

Terkait penunjang produksi nasional yang sudah tua, Hudi mencontohkan hal tersebut seperti fasilitas di PHE ONWJ yang sudah ada sejak 1966 dan terus digunakan hingga saat ini, atau sudah berusia sekitar 58 tahun.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...