SKK Migas: ENI akan Bor Sumur Baru Jaga Produksi Lapangan Jangkrik

Mela Syaharani
7 Mei 2024, 17:24
migas, fpu jangkrik, eni, produksi migas
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.
Button AI Summarize

SKK Migas mengungkapkan bahwa kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) ENI, pengelola Proyek Jangkrik di Blok Muara Bakau, Kalimantan Timur sedang dalam proses penambahan pengeboran sumur baru.

“Jadi saat ini mereka sedang proses untuk persetujuan analisis dampak lingkungan,” kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro saat ditemui di Jakarta dikutip Selasa (7/5).

Hudi mengatakan diharapkan analisis dampak lingkungan atau amdal ini dapat selesai pada Juli mendatang. Sebab pengeboran ini digunakan untuk penambahan produksi guna menjaga produksi di Lapangan Jangkrik. “Diharapkan semua proses perizinannya itu rampung sebelum Juli. Jadi pengeborannya tidak jauh dari itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, perusahaan migas asal Italia ini tidak hanya mengoperasikan Lapangan Jangkrik saja, namun juga sumur migas dengan potensi besar, Geng North di cekungan Kutai.

ENI telah beroperasi di Indonesia sejak 2001 dan saat ini memiliki portofolio aset yang besar dalam tahap eksplorasi, pengembangan, dan produksi, dengan produksi ekuitas saat ini sekitar 80.000 barel setara minyak per hari dari ladang gas Jangkrik dan Merakes di Kalimantan Timur.

Pada Februari lalu, SKK Migas mengatakan ENI akan membawa investasi sebanyak US$ 16 miliar atau Rp 250 triliun ke Indonesia. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan investasi tersebut berupa pengembangan proyek untuk menambah produksi gas.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...