Pemerintah Telah Kucurkan Subsidi Energi Rp 57 Triliun hingga Mei 2024

Happy Fajrian
27 Juni 2024, 21:03
subsidi energi, kemenkeu, subsidi, subsidi bbm, subsidi lpg, subsidi listrik
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Petugas mengisi BBM bersubsidi untuk pengendara di SPBU Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Senin (30/1/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan bahwa telah menyalurkan subsidi energi senilai Rp 56,9 triliun hingga 31 Mei 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN KiTa menjelaskan bahwa subsidi itu disalurkan untuk bahan bakar minyak (BBM), LPG 3 kilogram, dan listrik bersubsidi.

Realisasi subsidi BBM tercatat mencapai 5,57 juta kiloliter (kl), turun 1% bila dibandingkan realisasi tahun lalu yang sebesar 5,63 juta kl. Anggaran yang digunakan untuk subsidi BBM mencapai Rp 6,6 triliun.

Sementara subsidi LPG 3 kilogram digelontorkan sebesar Rp 26,8 triliun dan disalurkan sebanyak 2,7 juta metrik ton, naik 1,9% dibandingkan tahun lalu sebanyak 2,6 juta metrik ton.

Realisasi subsidi listrik mencapai Rp 23,5 triliun dan diterima oleh 40,4 juta pelanggan, naik 3,1% dari realisasi tahun lalu yang sebanyak 39,2 juta pelanggan.

Menurut Sri Mulyani, penyaluran subsidi energi pada 2024 memang lebih tinggi bila dibandingkan 2021 sebelum harga minyak mentah melonjak. Di samping itu, juga ada pengaruh dari pergerakan kurs rupiah dan volume penyaluran.

Kendati begitu, Kemenkeu menyatakan harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih masuk dalam rentang prediksi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kita belum terlalu mendapat tekanan dari sisi ICP, tapi dari sisi kurs kita mulai menampakkan tekanan untuk subsidi ini,” ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, Kamis (27/6).

Isa mengatakan Kemenkeu masih terus memantau pergerakan harga minyak untuk menentukan penyaluran subsidi energi. Pemerintah terus berkoordinasi dengan DPR dalam menentukan subsidi agar dapat fleksibel menyesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun untuk BBM, Isa mengatakan belum ada pembahasan lebih lanjut terkait kemungkinan kenaikan harga BBM dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...