Sinopec Akan Kunjungi RI Bulan Ini, Jajaki Teknologi EOR di 5 Lapangan Pertamina

Mela Syaharani
2 September 2024, 15:19
pertamina, sinopec, migas, lapangan migas
Wahyu Dj|Katadata
Ilustrasi lapangan minyak dan gas bumi (migas).
Button AI Summarize

Perusahaan migas asal Cina, Sinopec, akan berkunjung ke Indonesia pada bulan ini. Kunjungan tersebut dalam rangka  meningkatkan produksi migas di Tanah Air.

“Pada September ini tim teknis Sinopec akan ke Indonesia untuk penjajakan teknologi pada lima lapangan migas Pertamina,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ariana Soemanto dalam siaran pers, dikutip Senin (2/9).

Kedua perusahaan akan menerapkan teknologi enhanced oil recovery atau EOR. Melansir situs Pertamina, EOR adalah metode perolehan minyak tahap lanjut dengan cara menambahkan energi, berupa material atau fluida khusus, yang tidak terdapat dalam reservoir minyak.

“Dengan EOR kami yakin dapat meningkatkan jumlah produksi migas,” kata Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro saat ditemui di Jakarta pada 20 Agustus lalu. 

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyebut Sinopec sedang menjalin kerja sama teknologi dengan Pertamina untuk mendongkrak produksi migas di lima lapangan, yakni Rantau, Tanjung, Pamusian, Jirak, dan Zulu.

“Teknologi utamanya EOR dengan formulasi khusus yang efisien dan efektif,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Dadan Kusdiana.

Minat investasi perusahaan migas Tiongkok ke Indonesia, ia sebut, semakin intensif pasca kunjungan Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Mei lalu. "Cina punya kemampuan untuk mengangkat recovery (pemulihan produksi) di atas 50%," ucapnya. "Jadi, kami sedang memadukannya dengan Pertamina supaya dapat mengangkat produksi minyak nasional."

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...