Bahlil Resmikan Pembangunan Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Tahap 2 Rp 2,7 T

Mela Syaharani
30 September 2024, 16:43
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia meresmikan pembangunan proyek pipa gas Cirebon-Semarang tahap 2 pada Senin (30/9).
Katadata/Mela Syaharani
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia meresmikan pembangunan proyek pipa gas Cirebon-Semarang tahap 2 pada Senin (30/9).
Button AI Summarize

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia meresmikan pengelasan perdana atau first welding proyek pipa gas transmisi Cirebon-Semarang atau Cisem tahap 2 pada Senin (30/9). Proyek pembangunan pipa sepanjang 245 km ditaksir akan menghabiskan dana mencapai Rp 2,7 triliun. 

"Fase pertama sudah 60 km, ini fase kedua 240 km. Pipa yang akan digunakan dari 100% dari dalam negeri," ujar Bahlil usai "Peresmian Pengelasan Perdana Pipa Gas Cisem Tahap 2" di  Kawasan Industri Kendal, Semarang, pada Senin (30/9). 

Proyek Cisem tahap II memiliki panjang 245 kilometer yang terbentang dari ruas Batang - Cirebon - Semarang - Kandang Haur Timur. Nilai kontrak proyek mencapai Rp 2,7 triliun mencakup seluruh aspek pekerjaan konstruksi terintegrasi, dari perancangan hingga pelaksanaan.

Proses tender proyek ini dimulai pada April 2024 dan diumumkan 4 Juli 2024 dengan pelaksana proyek dilakukan oleh konsorsium KSO PT. Timas Suplindo - PT. Pratiwi Putri Sulung 

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Laode Sulaeman menyebut, pengelasan perdana ini menandai segala persiapan untuk pembangunan proyek ini sudah terselesaikan. Durasi pengerjaan proyek proyek ditetapkan selama 18 bulan, terhitung sejak penandatanganan kontrak 2 Agustus 2024.

Berdasarkan penetapan tersebut, proyek ini ditargetkan selesai pada Februari 2026. “Jadi setelah Februari, gas sudah bisa dipakai seperti di Kawasan Industri Terpadu Batang," ujar dia. 

Pipa transmisi gas bumi Cisem masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional dan diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016, yang diperbarui melalui Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020.

Proyek Cisem, yang dikelola dalam Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) ini, merupakan langkah pemerintah untuk menghubungkan jaringan pipa transmisi, mulai dari Sumatera, Jawa Bagian Barat, dan Jawa Bagian Timur. Dengan demikian, rantai suplai gas bumi secara nasional  dapat mendorong kemandirian energi.

Keberadaan proyek Cisem tahap II melengkapi Cisem tahap 1 sepanjang 60 km, yang selesai dibangun pada 2023. Cisem tahap 1 sudah beroperasi untuk memasok kebutuhan gas bumi di Kawasan Industri Kendal sejak 17 November 2023 dan Kawasan Industri Batang sejak 27 Juli 2024.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...