Bangun PLTS & EBT, Cara AKRA Gaet Investor Kawasan Industri JIIPE

Image title
16 September 2021, 18:33
plts, kawasan industri, jiipe, gresik,
KATADATA | Arief Kamaludin
Antrean truk pengangkut batu dalam proses konstruksi kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

PT AKR Corporindo Tbk optimis kawasan industri Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, semakin banyak dilirik investor. Hal ini seiring dengan tumbuhnya kesadaran dari para investor pada produk hasil industri yang memiliki jejak karbon rendah.

Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) Haryanto Adikoesoemo menyadari kebutuhan industri akan pasokan energi bersih saat ini semakin besar. Banyak perusahaan yang telah berkomitmen untuk melakukan transisi energi dengan upaya untuk menurunkan emisi karbon.

Oleh sebab itu, guna menjawab kebutuhan perusahaan-perusahaan tersebut, AKR akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan JIIPE. Dengan penyediaan PLTS ini, perusahaan optimis mampu menarik investor lebih banyak lagi.

"Kami percaya di kemudian hari bahkan sekarang sudah banyak perusahaan yang mempunyai target carbon footprint. Sehingga dengan menyediakan ebt ini kami dapat menarik lebih banyak investor," ujar dia dalam diskusi Peran & Tantangan KEK Mendorong Ekspor, Kamis (16/9).

Di samping itu, kawasan JIIPE juga memiliki 48 hektare embung air untuk menampung semua air hujan yang kemudian dapat diproses sebagai air bersih. Ia memastikan tidak ada air yang akan dibuang ke laut. "Kami percaya di kemudian hari EBT dan air merupakan komoditas strategis yang sangat penting," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...