Aturan Pelonggaran Naik KRL, Ada Syarat Khusus Buat Balita

Tia Dwitiani Komalasari
29 Maret 2022, 15:44
Penumpang duduk tanpa berjarak di dalam KRL Commuter Line, Jakarta, Rabu (9/3/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Penumpang duduk tanpa jarak di dalam KRL Commuter Line, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

PT KAI Commuter melonggarkan aturan bagi pengguna kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek seiring dengan penurunan kasus Covid-19. Kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No.25/2022.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, terjadi tren peningkatan jumlah penumpang sejalan dengan kembalinya aktivitas masyarakat pada pemberlakuan PPKM Level 2 sejak 7 Maret hingga 21 Maret 2022. KAI Commuter mencatat rata-rata pengguna pada Senin, tanggal 7 hingga 14 dan 21 Maret lalu sebesar 533.380 pengguna.

Data tersebut lebih tinggi 15% dari rata-rata volume pengguna pada libur akhir pekan selama bulan Maret 2022 yaitu sebesar 463.932 pengguna per harinya. "Sedangkan rata-rata volume harian pengguna pada hari kerja selain hari Senin pada tiga pekan terakhir sebesar 470.175 pengguna," ujar Anne, beberapa waktu lalu. 

Saat ini, penumpang KRL sudah bisa duduk tanpa jarak. Selain itu, balita juga sudah diperkenankan untuk naik KRL di jam tertentu.

Berikut aturan baru penumpang KRL yang dihimpun Katadata :

1. Kapasitas Penumpang

KAI Commuter telah mencabut stiker di bangku KRL yang membatasi jarak antar penumpang sejak 9 Maret 2022. Namun, kapasitas penumpang tetap dibatasi 60%. Petugas juga membatasi jumlah penumpang yang duduk di bangku Panjang menjadi maksimal lima orang. Sementara untuk bangku pendek bisa diduduki tiga orang.

2. Balita Boleh Naik KRL

Anak usia di bawah lima tahun  atau balita kini Kembali diperkenankan naik KRl setelah sebelumnya sempat dilarang. Syaratnya yaitu didampingi oleh orang tua dan di luar jam sibuk KRL.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...